ARNA, NURUL FADHILLAH (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 10 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
![[thumbnail of Skripsi Nurul Fadhillah Arna.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Nurul Fadhillah Arna.pdf
Download (910kB)
Abstrak
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
Metode bimbingan yang diberikan guru bimbingan konseling
dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10
Sinjai yaitu bimbingan individu dan bimbingan kelompok.
Dimana bimbingan individu dilakukan apabila batas peringatan
terhadap kesalahan yang dilakukan oleh siswa sudah melebihi
batas maksimal yaitu tiga kali peringatan sedangkan pemberian
bimbingan kelompok dilakukan untuk mengatasi masalah yang
sifatnya sama (2) Peran guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
yaitu sebagai motivator, sebagai pengembangan
pelajaran,sebagai penunjang kegiatan pendidikan, sebagai
pengembangan potensi diri dan sebagai pencegahan masalah.
(3) Faktor pendukung guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
vi
yaitu adanya kerjasama dengan guru wali kelas, siswa terbuka
dengan guru bimbingan konseling, adanya kerjasama antara
guru bimbingan konseling dan siswa, adanya kerjasama antara
guru bimbingan konseling dan orang tua siswa sedangkan
faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
yaitu Adanya siswa yang jauh rumahnya dari sekolah untuk
didatangi, kurangnya motivasi orang tua terhadap siswa dalam
menaati tata tertib sekolah, di awal sekolah melakukan
sosialisasi peraturan dan sanksi yang berlaku terhadap siswa
yang melanggar.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 04:33 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 04:33 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1113 |