PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 10 SINJAI

ARNA, NURUL FADHILLAH (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 10 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of Skripsi Nurul Fadhillah Arna.pdf] Text
Skripsi Nurul Fadhillah Arna.pdf

Download (910kB)

Abstrak

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
Metode bimbingan yang diberikan guru bimbingan konseling
dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10
Sinjai yaitu bimbingan individu dan bimbingan kelompok.
Dimana bimbingan individu dilakukan apabila batas peringatan
terhadap kesalahan yang dilakukan oleh siswa sudah melebihi
batas maksimal yaitu tiga kali peringatan sedangkan pemberian
bimbingan kelompok dilakukan untuk mengatasi masalah yang
sifatnya sama (2) Peran guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
yaitu sebagai motivator, sebagai pengembangan
pelajaran,sebagai penunjang kegiatan pendidikan, sebagai
pengembangan potensi diri dan sebagai pencegahan masalah.
(3) Faktor pendukung guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
vi
yaitu adanya kerjasama dengan guru wali kelas, siswa terbuka
dengan guru bimbingan konseling, adanya kerjasama antara
guru bimbingan konseling dan siswa, adanya kerjasama antara
guru bimbingan konseling dan orang tua siswa sedangkan
faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 10 Sinjai,
yaitu Adanya siswa yang jauh rumahnya dari sekolah untuk
didatangi, kurangnya motivasi orang tua terhadap siswa dalam
menaati tata tertib sekolah, di awal sekolah melakukan
sosialisasi peraturan dan sanksi yang berlaku terhadap siswa
yang melanggar.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:33
Last Modified: 13 Apr 2023 04:33
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item
View Item