AMIR, NURAZIZAH (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.
Skripsi Nurazizah Amir_.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan, Pertama, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab di MTs Negeri 1 Sinjai khususnya kelas VIII, yaitu memahami karakter peserta didik melalui proses pendekatan, menggunakan metode yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar, memberikan evaluasi dan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik, memberi pujian terhadap pencapaian peserta didik, memberikan pemahaman mengenai pentingnya mempelajari bahasa Arab, memberi nasihat kepada peserta didik untuk fokus belajar dan mengurangi waktu bermain, melakukan kegiatan rutin literasi al-Quran untuk meningkatkan kemampuan membaca (maharah qira’ah) peserta didik, memberi hukuman terhadap peserta didik berupa menghafal kosakata bahasa Arab (mufradat), turut aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) guna meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab, berupaya menjadi pribadi yang loyal dan mengayomi seluruh warga madrasah dalam mengemban amanah. Kedua, faktor pendukung motivasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Sinjai, yaitu kesehatan jasmani dan rohani peserta didik dalam kondisi baik, kemampuan (skill) pada bidang pembelajaran bahasa, dan fasilitas pembelajaran di madrasah yang memadai. Adapun faktor penghambat motivasi belajar bahasa Arab peserta didik, yaitu penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan membosankan, rendahnya minat belajar bahasa Arab, serta lingkungan dan fasilitas belajar di rumah yang kurang memadai.
.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:23 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 05:23 |
URI: | https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1221 |