PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI SYAJA’AH DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 SINJAI

FEBRIANTI, WITA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI SYAJA’AH DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of WITA FEBRIANTI.pdf] Text
WITA FEBRIANTI.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran contextual teaching menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan. Pada pra tindakan menunjukkan bahwasanya pada
siklus I kegiatan pembelajaran yang memiliki kaitan dengan model
contextual teaching belum sepenuhnya terlaksana namun berlanjut dibagian
siklus II dikatakan sudah terlaksana sepenuhnya. Sedangkan hasil tes
kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji paired sample-test
bahwasanya pada siklus I mendapatkan hasil senilai 72,97 dan pada siklus II
senilai 93.50. Adapun perhitungan mengunakan rumus N-gain yaitu pada
siklus I Sebesar 72.97% berada pada kriteria sedang sehingga masih perlu
untuk ditingkatkan, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil
pre test yang diadakan pada siklus sebelumnya yaitu senilai 93.50% berada
pada kriteria tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PAI materi
syaja’ah dengan menggunakan model pembelajaran contextual kelas XI IPS
2 SMA Negeri 4 Sinjai.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:27
Last Modified: 20 Sep 2023 05:27
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1240

Actions (login required)

View Item
View Item