KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MADRASAH; SEBUAH WACANA STRATEGI REPOSISI

UMAR, UMAR (2015) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MADRASAH; SEBUAH WACANA STRATEGI REPOSISI. JURNAL AL-QALAM, 7 (1). ISSN 2715-5684

[thumbnail of 2. KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MADRASAH SEBUAH WACANA STRATEGI REPOSISI.pdf] Text
2. KEBIJAKAN PENGEMBANGAN MADRASAH SEBUAH WACANA STRATEGI REPOSISI.pdf

Download (134kB)

Abstrak

Di Indonesia lembaga pendidikan Islam (madrasah) merupakan lembaga
pendidikan kedua setelah pesantren. Pada historisnya lembaga pendidikan
Islam ini mengalami dinamika sekaligus polemik yang sangat panjang sejak
pra kemerdekaan hingga era pasca reformasi saat ini. Problematika yang
dihadapi lembaga pendidikan Islam khususnya madrasah dinilai sangat
terkait dengan kebijakan yang belum sepenuhnya berpihak pada pola
pengembangan madrasah yang cenderung eksklusif dibanding dengan system
pendidikan umum sehingga berimplikasi pada out put yang dihasilkan belum
menempati posisi yang setaraf dengan yang lainnya, pada hal pendidikan
Islam madrasah di era globalisasi penting melakukan reposisi secara
sistemik, empiris-paradigmatik. Strategi reposisi ini dapat dilakukan dengan
melihat bentuk-bentuk kebijakan dan sistemnya sekaligus diarahkan pada
pola pengembangan yang lebih kompetitif di era global, inklusif, dan
substansif dalam peranannya.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: asriani
Date Deposited: 29 Oct 2020 07:18
Last Modified: 29 Oct 2020 07:18
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item
View Item