METODE KOMUNIKASI GURU KELAS XI DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SINJAI

SURIYATI, SURIYATI and JAMALUDDIN, JAMALUDDIN and NURFADILLAH, NURFADILLAH (2023) METODE KOMUNIKASI GURU KELAS XI DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 12 SINJAI. AL-QALAM: JURNAL KAJIAN ISLAM & PENDIDIKAN, 15 (2). ISSN 2715-5684

[thumbnail of 2222-Article Text-9069-3-10-20231218.pdf] Text
2222-Article Text-9069-3-10-20231218.pdf

Download (579kB)

Abstrak

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan metode komunikasi yang digunakan guru
kelas XI untuk mengoptimalkan minat belajar siswa di SMA Negeri 12 Sinjai. Penelitian ini
merupakan penelitian naturalistik. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 12 Sinjai.
Subjek penelitian ini adalah metode komunikasi guru kelas XI untuk mengoptimalkan minat belajar
siswa. Metode pengumpulan datanya yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa metode yang digunakan guru dalam melakukan komunikasi di kelas adalah
metode informatif, edukatif dan kanalisasi. Sedangkan psikologis, keberadaan sarana dan prasarana
pendukung, serta adanya kesadaran siswa merupakan faktor pendukung dalam mengoptimalkan minat
guru terhadap metode komunikasi di kelas. Di sisi lain, terdapat faktor yang menghambat guru dalam
meningkatkan minat belajar siswa, rendahnya kesadaran diri siswa, faktor lingkungan dan terbatasnya
waktu untuk menyampaikan materi dalam proses belajar mengajar di kelas.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: asriani
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:11
Last Modified: 21 Dec 2023 08:22
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item
View Item