METODE PENYULUH DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TAKLIM (THARIF) DI MASJID HUIKMATUDDINIYAH DI DESA TONGKE-TONGKE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI.

MAUIDA, MAUIDA (2021) METODE PENYULUH DALAM MENINGKATKAN PEMBINAAN KEAGAMAAN JAMAAH MAJELIS TAKLIM (THARIF) DI MASJID HUIKMATUDDINIYAH DI DESA TONGKE-TONGKE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of Mauida.pdf] Text
Mauida.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian induktif dengan pendekatan sosiologis yang bertempat di Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai Timur. Sumber data primernya adalah penyuluh agama sementara sumber data sekundernya adalah Jamaah Majelis Taklim (Tharif) Di Masjid Hikmatuddiniyah. Metode pengumpulan data digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa metode yang digunakan penyuluh agama dalam meningkatkan pembinaan keagamaan Jamaah Majelis Taklim Tharif Di Masjid Hikmatuddiniyah Desa Tongke-tongke Kecamatan Sinjai yaitu metode langsung, metode bil' lisan dan metode bil' hal. Meski demikian terdapat pula beberapa faktor penghambat yaitu kondosi jamaah yang memiliki kesibukan/pekerjaan dan adanya wabah/pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan pelaksanaan pembinaan keagaaman oleh penyuluh dilaksanakan secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini di harapkan berimplikasi terhadap penyuluh keagamaan dalam meningkatkan metode dan penyuluhan keagamaan dan pada peeliti dapat lebih mengembangkan penelitian terkait pembinaan keagamaan.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas/Jurusan: Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 04 Jan 2024 10:32
Last Modified: 04 Jan 2024 10:32
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item
View Item