PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROGRAM LITERASI MEMBACA DI SDN 28 PAKKITA SINJAI TIMUR

HASRAWATI, HASRAWATI (2022) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROGRAM LITERASI MEMBACA DI SDN 28 PAKKITA SINJAI TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of skripsi hasra .pdf] Text
skripsi hasra .pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukan, pertama, pemanfaatan
perpustakaan sekolah dalam penerapan program literasi baca
siswa dapat dilihat melalui beberapa hal diantaranya, yaitu (a)
Pihak perpustakaan selalu memperhatikan kelengkapan koleksi
di perpustakaan sekolah dengan menyediakan berbagai koleksi
buku baik buku pelajaran maupun non pelajaran dan pihak
sekolah selalu menyediakan koleksi buku baru di perpustakaan
untuk program literasi baca siswa (b) Pihak perpustakaan
menyediakan fasilitas yang memadai untuk siswa
melaksanakan kegiatan literasi membaca (c) Setiap kelas
bergiliran untuk melaksanakan kegiatan literasi membaca di
perpustakaan setiap harinya (d) Banyak siswa yang meminjam
buku di perpustakaan. batas waktu peminjaman siswa adalah
satu pekan (e) Pihak perpustakaan selalu berusaha
mengingatkan siswa untuk membaca di perpustakaan. kedua,
Faktor pendukung program literasi adalah adanya sarana yang
bisa dimanfaatkan seperti perpustakaan sebagai tempat koleksi
bahan literasi dan waktu yang digunakan dengan efektif. Faktor
penghambat program literasi membaca adalah adanya beberapa
siswa yang masih kurang dalam hal membaca serta beberapa
siswa yang belum mengetahui makna dari buku yang dibaca.
Cara menanggulangi hambatan tersebut salah satunya adalah
pihak perpustakaan harus lebih memperhatikan siswa yang
belum mampu membaca dengan memberikan bimbingan
khusus dan guru juga dapat membantu menjelaskan makna isi
buku yang dibaca oleh siswa.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:30
Last Modified: 26 Feb 2024 02:30
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item
View Item