MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN SEDERHANA PESERTA DIDIK KELAS III B MIN 2 SINJAI DENGAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

S, A. NURLINDA (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN SEDERHANA PESERTA DIDIK KELAS III B MIN 2 SINJAI DENGAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of Skripsi A.NURLINDA. S.pdf] Text
Skripsi A.NURLINDA. S.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini yaitu bahwa hasil belajar peserta didik kelas III
B MIN 2 Sinjai sebelum model realistic mathematic education (RME)
adalah 77,35. Dan setelah model Realistic Mathematic Education (RME)
adalah 83,82. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
matematika sub materi pecahan sederhana peserta didik III B MIN 2 Sinjai
setelah model realistic mathematic education (RME). Dari hipotesis
penelitian ini, apabila p > 0,05 maka Ho diterima atau kedua rata-rata
populasi sama, tetapi apabila p < 0,05 maka Ho ditolak atau kedua rata-rata
populasi tidak sama. Pada tabel Paired Samples Test nilai t hitung adalah
22,000 dengan p = 0,000. Oleh karena p < 0,05, maka Ho ditolak atau kedua
rata-rata populasi tidak sama. Selain itu, pengambilan keputusan juga dapat
dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan nilai ttabel, dengan
ketentuan:Jika ± thitung< ± ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak, Jika ±
thitung> ± ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Tampak bahwa thitung=
22,000 dan ttabel pada tabel distribusi nilai t, yaitu pada taraf kepercayaan
95% (α= 5 persen dan karena uji t bersifat dua sisi, maka nilai αyang dirujuk
adalah α/2 = 5% = 0,025) dan derajat bebas (df)= n-1= 17-1=16, sehingga
ttabel= t (0,025;22) = 2,070. thitung> ttabel atau diluar daerah penerimaan Ho,
maka diputuskan Ho ditolak.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 02 Mar 2024 06:16
Last Modified: 02 Mar 2024 06:16
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item
View Item