PENDEKATAN PENDIDIKAN PLURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 SINJAI

SUKAWATI, YUYUK (2023) PENDEKATAN PENDIDIKAN PLURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 5 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of YUYUK SUKAWATI (190101086).pdf] Text
YUYUK SUKAWATI (190101086).pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
pendidikan plural dalam pembelajaran PAI ialah pertama,
pendekatan pembiasaan dimana pendekatan ini untuk
membiasakan siswa untuk saling menghormati, saling
menghargai, tolong menolong serta menanamkan nilai-nilai
persaudaraan. Kedua, pendekatan rasional yaitu dengan
menyampaikan materi mengenai keberagaman sesuai realita
yang terjadi dan mengenalkan kepada siswa mengenai
keberagaman yang ada di Indonesia. Ketiga, pendekatan
emosional yaitu membangun jiwa peserta didik untuk saling
menghargai sesama agama dan bersifat toleran terhadap
keyakinan masing-masing. Dan keempat pendekatan rasional
yaitu mengajarkan pendidikan plural pada siswa dapat
dijadikan pedoman untuk ke jenjang pendidikan yang lebih
tinggi agar dapat membentuk sikap saling menghargai dan
menerima perbedaan pendapat orang lain. Selanjutnya, faktor
yang mendukung guru dalam pendekatan pendidikan plural
yaitu lingkungan yang inklusif dan saling mengerti terhadap
siswa yang memiliki keyakinan yang berbeda, sedangkan faktor
penghambat yaitu tidak adanya guru agama selain guru
Pendidikan Agama Islam dan mempelajari, memahami karakter
siswa, karena setiap siswa memiliki karakter dan sifat yang
berbeda.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:53
Last Modified: 18 Mar 2024 02:53
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item
View Item