PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANIEUS GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI MIA 3 DI SMAN 3 SINJAI

SYAKIR, AHMAD (2019) PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANIEUS GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI MIA 3 DI SMAN 3 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of AHMAD SYAKIR.pdf] Text
AHMAD SYAKIR.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan
Kreativitas peserta didik dalam materi Prinsip Ekonomi
dalam Islam pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas XI MIA 3 SMAN 3 Sinjai. Siklus I dan II terdapat
peningkatan kreativitas ini terlihat dari pengamatan dan
diperkuat dengan hasil observasi dan hasil angket yang telah
diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket
peserta didik yang masuk sangat baik dengan persentase
80%-100% , yang masuk kategori baik dengan persentase
70%-79%, yang masuk kategori cukup dengan persentase
60%-69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59 %. Dari hasil
angket kreativitas peserta didik pra tindakan sebesar 716 dan
mencapai persentase 57,7% pada siklus I sebesar 834 dan
mencapai persentase 67,2 % dan pada siklus II sebesar 1049
dan mencapai persentase 84,5 %. Setelah dilaksanakan siklus
I dan Siklus II terdapat peningkatan keaktifan peserta didik
melalui metode Cooperative Learning tipe Spontaneus
Group Discussion pada materi Prinsip Ekonomi dalam Islam
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI
MIA 3. Peningkatan kreativitas peserta didik dari siklus I
67,2 % dan pada siklus II meningkat menjadi 84,5 %.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:49
Last Modified: 19 Jul 2022 03:21
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item
View Item