IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 20 SINJAI

JULIANA, JULIANA (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 20 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI JULIANA (190101025).pdf] Text
SKRIPSI JULIANA (190101025).pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk implementasi
kebijakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dalam pembelajaran PAI
yaitu perencanaan, sosialisasi, menetapkan proktor dan teknisi serta memastikan
telah mengikuti pelatihan, mengusulkan jumlah sesi perhari, simulasi, memastikan
peserta hadir tepat waktu serta mengikuti seluruh rangkaian pelaksanan ANBK,
menerapkan protokol kesehatan, menyiapkan peserta didik, , menjamin keamanan
dan ketertiban melaporkan permasalahan teknis yang tidak bisa diselesaikan,
membuat berita acara, membiayai persiapan dan pelaksanaan, dan menyampaikan
laporan pelaksanaan ANBK. (2) faktor pendukung implementasi kebijakan
Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dalam pembelajaran PAI di SMP
Negeri 20 Sinjai yaitu memiliki sarana yang memadai, sumber daya manusia yang
mumpuni, anggaran pelaksanaan bersumber dari dana BOS, adanya kerja sama yang
baik, adanya bantuan dari komite sekolah dan adanya pelatihan bagi proktor dan
teknisi sedangkan faktor penghambatnya yaitu pemadaman listrik oleh PLN secara
tiba-tiba, jaringan internet yang tidak stabil, pengetahuan peserta didik tentang
pengoperasian komputer masih kurang, terdapat segelintir orang tua/wali peserta
didik yang acuh tak acuh, dan adanya perubahan daftar nama-nama peserta ANBK
oleh pelaksana tingkat pusat.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 30 Mar 2024 01:04
Last Modified: 30 Mar 2024 01:04
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item
View Item