EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 9 SINJAI

AFYAN, NURBAITUL (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 9 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of NURBAITUL AFYAN - 190109012.pdf] Text
NURBAITUL AFYAN - 190109012.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini
dengan menggunakan bantuan program SPSS v22 for windows diperoleh
hasil uji validitas dan realibilitas yang dilakukan dengan pemberian lembar
tes pretest dan postest kepada responden sebanyak 4 butir soal essay dengan
rhitung > rtabel maka suatu pernyataan angket dinyatakan valid. Sehingga dari
hasil uji validitas instrumen lembar tes dinyatakan valid karena nilai rhitung
>0,4259 dan sedangkan nilai cronbach alpha tes adalah 0,617 > 0,6 maka
lembar tes dapat dikatakan reliability. Hasil uji normalitas dengan bantuan
program SPSS v22, sehingga diperoleh uji normalitas dengan nilai
signifikansi sebesar dapat dilihat nilai signifikansi sebesar 0,145 maka dapat
disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji
homogenitas pada data-data lembar tes menggunakan SPSS v22 dapat
diketahui bahwa nilai signifikansi data adalah 0,632, hal tersebut
menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih 0,05 atau nilai
sig 0,632 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data bersifat
normalitas. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan SPSS v22 for windows
diketahui bahwa tingkat signifikansi 0,0001. Nilai signifikansi menunjukkan
0,0001 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran generatif learning efektif digunakan dalam kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 9
Sinjai.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Apr 2024 05:59
Last Modified: 16 Apr 2024 05:59
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item
View Item