EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 10 SINJAI

YUSNIAR, YUSNIAR (2023) EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 10 SINJAI. Tesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of YUSNIAR.pdf] Text
YUSNIAR.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Hasil evaluasi yakni: 1) Perencanaan penerapan model
pembelajaran hybrid learning memperoleh nilai 89,06%
dengan kriteria sangat baik, telah memuat; identitas sekolah,
identitas mata pelajaran, kelas atau semester, materi pokok,
alokasi waktu, kompetensi inti, tujuan pembelajaran,
kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, materi
pembelajaran, model, metode dan media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil
pembelajaran. 2) Hasil pelaksanaan penerapan model
pembelajaran hybrid learning memperoleh nilai 93,75%
dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dilihat dari penerapan
sesuai sintaks model pembelajaran hybrid learning mulai dari
prepare me (persiapan), tell me (presentation), show me
(demonstrasi), let me (latihan), check me (evaluasi), support me
(dukungan /bantuan), coach me (saling melatih) connect me
(kolaborasi). 3) Pembelajaran PAI dengan penerapan model
pembelajaran hybrid learning sebagaimana pengalaman belajar
peserta didik memperoleh nilai persentase sebesar 83,45%
dengan kriteria sangat baik. Dari model ini, peserta didik tidak
hanya dituntut untuk sekedar mengetahui isi materi tetapi
peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dan
mendapat pengalaman dari segi pemanfaatan fasilitas
pembelajaran online, seperti yang terdapat pada smart school
yang digunakan sebagai portal dalam proses pembelajaran
dengan model hybrid learning.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:32
Last Modified: 23 Apr 2024 02:32
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item
View Item