PENINGKATAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA UMAYYAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 SINJAI

RAHAYU, DESI (2019) PENINGKATAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA UMAYYAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD KELAS VIII.4 SMP NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of DESI RAHAYU.pdf] Text
DESI RAHAYU.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi pembelajaran Reading Aloud pada mata pelajaran PAI materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Sinjai, dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi yang dapat mendorong minat baca peserta didik agar lebih memotivasi peserta didik dan memberi semangat dalam belajar. 2) Terdapat peningkatan minat baca peserta didik melalui strategi pembelajaran Reading Aloud pada mata pelajaran PAI materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Sinjai, ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket yang telah diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79%, yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59%. Dan adapun penentuan kriteria peningkatan hasil tindakan berdasarkan kategorisasi N Gain yaitu g > 0.7 (tinggi), 0,3 ≤ g ≤ 0,7 (sedang), 0 ≤ g ≤ 0,3 (rendah), dan g ≤ 0 (gagal). Dari hasil angket minat baca peserta didik pada siklus I sebesar 1076 dan mencapai persentase 63,2% dan siklus II sebesar 1550 dan mencapai persentase 91,1%. Begitupun dengan kriteria peningkatan minat baca berdasarkan kategorisasi N Gain yaitu pada siklus I yaitu 0,18 ≤ g < 0,3 masih dalam kategori rendah dan pada siklus II sudah termasuk dalam kategori tinggi yaitu 0,79 > 0,7.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:34
Last Modified: 19 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item