ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE QIRA’AH JAHRIYAH PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SINJAI

LELANG, KARIM (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE QIRA’AH JAHRIYAH PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSI KARIM.pdf] Text
SKRIPSI KARIM.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan
membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs
Muhammadiyah Sinjai menggunakan metode qira‟ah jahriyah
mencakup: a) Peningkatan kemampuan pengucapan yang lebih
fasih, karena metode ini membantu siswa mengatasi kesulitan
dalam pengucapan huruf dan memahami perbedaan bunyi
antara huruf-huruf sesuai makharijul huruf dan harakat. b)
Peningkatan pemahaman kosakata, karena pendekatan ini
membantu siswa memahami kosakata dalam bacaan secara
umum, dengan fokus pada kata-kata penting yang
mempermudah pemahaman konteks bacaan. c) Penguasaan
teknik membaca yang baik, karena siswa mampu menggunakan
intonasi yang tepat dan artikulasi huruf dengan menguatkan
suara saat membaca. 2) Faktor pendukung kemampuan
membaca menggunakan metode qira‟ah jahriyah yaitu:
motivasi dan semngat belajar, suasana belajar yang positif,
bimbingan guru, dan latihan rutin. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu: kurangnya motivasi, ketidaknyamanan
membaca di depan orang lain, kesulitan dalam memahami
intonasi, dan waktu pembelajaran yang terbatas.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: asriani
Date Deposited: 11 May 2024 06:38
Last Modified: 11 May 2024 06:38
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item
View Item