STRATEGI GURU PAI DALAM MENCETAK PESERTA DIDIK MENUJU GENERASI EMAS TAHUN 2045 DI SMK NEGERI 1 SINJAI

SAADAH, MIFTAHUL (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENCETAK PESERTA DIDIK MENUJU GENERASI EMAS TAHUN 2045 DI SMK NEGERI 1 SINJAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN.

[thumbnail of SKRIPSII  Miftahul Saadah.pdf] Text
SKRIPSII Miftahul Saadah.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa,
Pertama, Strategi guru PAI dalam mencetak peserta didik
menuju generasi emas tahun 2045 di SMK Negeri 1 Sinjai
yakni strategi guru PAI dalam mencetak peserta didik menuju
generasi emas tahun 2045 sesuai dengan tujuan pemerintah
untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan
sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini dapat kita lihat
dengan adanya kurikulum baru yakni kurikulum merdeka.
Untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan
sesuai dengan indikator generasi emas yakni melalui
pendidikan yang berkualitas pula, untuk itu guru PAI berupaya
untuk mencetak peserta didik yang berkualitas melalui
peningkatan kualitas pembelajaran, meningkatkan keterampilan
peserta didik, tidak hanya pendidikan akademik akan tetapi
pendidikan karakter juga di tingkatkan agar seimbang dengan
akademik. Kedua, Faktor penghambat dan pendorong,
kekuatan, peluang, ancaman dan kelemahan dalam menerapkan
strategi untuk mencetak peserta didik menuju generasi emas
tahun 2045 di SMK Negeri 1 Sinjai adalah kondisi lingkungan
belajar peserta didik apakah memadai atau tidak, selanjutnya
sarana dan prasarana jika fasilitas yang dibutuhkan lengkap
maka mudah untuk menerapkan startegi yang diinginkan dan
proses belajar mengajar jadi lancar, akan tetapi jika tidak
memadai maka akan menghambat proses belajar mengajar,
selanjutnya dukungan dari berbagai pihak juga dapat menjadi
faktor jika banyak pihak yang mendukung maka akan semakin
baik begitu juga sebaliknya, adanya kolaborasi antara sekolah
dan orang tua peserta didik, manajemen waktu peserta didik
apakah peserta didik itu mampu mengatur waktu atau tidak,
semangat belajar peserta didik, pelatihan untuk guru jika ada
pelatihan untuk guru agar kemampuan dan keprofesionalannya
meningkat maka guru juga mampu meningkatkan
pembelajaran,

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 27 May 2024 01:03
Last Modified: 27 May 2024 01:03
URI: https://repository.uiad.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item
View Item