PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI METODETIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 269 TARASU KABUPATEN BONE.

HERDIAN, ANDI MULYAN (2019) PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI METODETIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 269 TARASU KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil Penelitian dan tindakan yang telah dilakukan dapatdinyatan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Time Token dapat meningkatkan keaktifankeaktifanpesertadidikdanhasil belajarsiswa, khususnya mata pelajaran IPS materi Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 269 tarasu Hasil tindakan dapat diketahui telah terjadi peneningkatankeaktifanpesertadidikdan hasil belajar sisswapada mata pelajaran IPSmateri Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegistan ekonomi. Peningkatan rata-rata yaitupadakondisiawal (pratindakan)42,2%, padasiklus I menjadi 74,4% danpadasiklus II menjadi 91,2%. SedangkanPeningkatan rata-rata hasilbelajaryaitu pada kondisi awal (pra tindakan) 66,4%, pada siklus I menjadi 74,6% dan pada siklus II menjadi 77,8%. Hasil belajar peserta didik dari pra tindakan hingga siklus II dapat ditunjukan pada tabel berikut: Berdasarkan hasil Pengamatan terhadap hasil belajar peserta didik pada tabel 4.20telah terjadi peningkatan dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, maka dapat dinyatakan bahwa metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keaktifanpesertadidikdanhasil belajar siswaterutama pada mata pelajaran IPS materi Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi IV SDN 269 Tarasu.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:57
Last Modified: 16 Oct 2020 03:57
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item