PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS V SD NEGERI 85 LABETTANG

SYAM, NURWAHIDAH (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS V SD NEGERI 85 LABETTANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Nurwahidah Syam Fix.pdf] Text
Nurwahidah Syam Fix.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran Matematika dilakukan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran Contextual Teaching Learning yang disesuaikan dengan isi materi pelajaran Matematika. Proses pembelajaran yang dilaksanakan juga sudah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena pelaksanaan tindakan yang dilakukan sudah mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian tes awal tindakan atau sebelum diberikan tindakan berpikir kritis peserta didik hanya mencapai rata-rata 50 %. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu mencapai hasil rata-rata 70%. Pada siklus II peningkatan berpikir kritis peserta didik semakin meningkat dengan hasil rata-rata 100%. Oleh karena itu, penelitian dirasa cukup sampai pada siklus II, karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan dengan kategori sangat baik dan melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning Pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 85 Labettang.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 03 Nov 2020 09:18
Last Modified: 05 Aug 2022 11:12
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item
View Item