PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PROBING PROMPTING DI KELAS X IPS 1 MAN I SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

R, HARLINA (2018) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL PROBING PROMPTING DI KELAS X IPS 1 MAN I SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of HARLINA.pdf] Text
HARLINA.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Probing Prompting pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas X IPS 1 MAN 1 Sinjai dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik agar peserta didik semangat dalam belajar. (2) Terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui model Probing Prompting pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas X IPS 1 MAN 1 Sinjai ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket yang telah diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79%, yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59%. Dari hasil angket karakter kemandirian peserta didik pada siklus I sebesar 1025 dan mencapai persentase 66,73% dan siklus II sebesar 1375 dan mencapai persentase 89,51%. Berarti peningkatan karakter kemandirian dari siklus I kesiklus II sebesar 22,78%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:41
Last Modified: 04 Nov 2020 06:41
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item
View Item