PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI IPA 1 MA AN-NUR NUSA KEC. KAHU KAB. BONE

FIRDAUS, ULFA (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI IPA 1 MA AN-NUR NUSA KEC. KAHU KAB. BONE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of ULFA FIRDAUS ACC.pdf] Text
ULFA FIRDAUS ACC.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Cooperative Learning Tipe
Student Team Achievement Divion (STAD) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XI Ipa I
MA An-nur Nusa Kec. Kahu Kab. Bone dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan
melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat
mendorong keaktifan peserta didik agar peserta didik semangat dalam belajar. (2) Terdapat
peningkatan keaktifan peserta didik melalui metode Cooperative Learning Tipe Student Team
Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XI IPA 1 MA Annur Nusa Kec. Kahu Kab. Bone ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket
yang telah diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket peserta didik yang
masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase
70% - 79%, yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk
kurang ≤ 59%. Dari hasil angket keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 1017 dan mencapai
persentase 67,8% dan siklus II sebesar 1368 dan mencapai persentase 91,2%. Berarti
peningkatan keaktifan dari siklus I kesiklus II sebesar 28,4%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:09
Last Modified: 04 Nov 2020 07:09
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item
View Item