PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN STOP THINK DO PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BALANGNIPA KABUPATEN SINJAI

SULKARNAIN, SULKARNAIN (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN STOP THINK DO PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BALANGNIPA KABUPATEN SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SULKARNAIN 140101061.pdf] Text
SULKARNAIN 140101061.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pedekatan Stop Think Do pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Balangnipa Kabupaten Sinjai dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik agar peserta didik semangat dalam belajar. (2) Terdapat peningkatan Motivasi Belajar peserta didik melalui Pedekatan Stop Think Do pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII MTs Muhammadiyah Balangnipa Kabupaten Sinjai ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket yang telah diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79%, yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59%. Dari hasil angket Motivasi Belajar peserta didik pada siklus I sebesar 406 dan mencapai persentase 67,6% dan siklus II sebesar 580 dan mencapai persentase 84,6%. Berarti peningkatan karakter kemandirian dari siklus I kesiklus II sebesar 17.0%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:12
Last Modified: 04 Nov 2020 07:12
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item