PENINGKATAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQHI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING KELAS VII MTS 4 LAPPA KEC.SINJAI UTARA KAB.SINJAI

WINARTI, WINARTI (2018) PENINGKATAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIQHI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL LEARNING KELAS VII MTS 4 LAPPA KEC.SINJAI UTARA KAB.SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI WINARTI.pdf] Text
SKRIPSI WINARTI.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian,menunjukkan bahwa:1. Model Reciprocal Learning Pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MT.s Negeri 4 Lappa Kec. .Sinjai Utara Kab.Sinjai terlaksana dengan baik karena dengan model Reciprocal Learning pendidik dapat membuat peserta didik lebih mandiri dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu memahami materi yang di berikan dengan baik dan bertanggung jawab atas apa yang di amanahkan dan mampu menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan terutama pada mata pelajaran Fiqih Model Reciprocal Learning juga dapat dikatakan efektif dan mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik mampu membangkitkan perhatian dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi. 2. Model Reciprocal Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelalajaran Fiqih Kelas VII di MT.s Negeri 4 Lappa Kec..Sinjai Utara Kab.Sinjai berdasarkan hasil angket peserta didik pada pratindakan yaitu 59%,pada siklus I yaitu 68,8%, sedangkan pada siklus II hasil angket peserta didik yaitu 77%. Maka dapat disimpulkan bahwa mulai dari pratindakan,siklus I kesiklus II kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih meningkat setelah menggunakan model Resciprocal Learning.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:09
Last Modified: 05 Nov 2020 06:09
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item