PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 3 SINJAI TIMUR

ANDRIANI, ANDRIANI (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 3 SINJAI TIMUR. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of ANDRIANI.pdf] Text
ANDRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Strategi pembelajan Guided Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII C SMP Negeri 3 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat mendorong pemahaman peserta didik agar peserta didik semangat dan merasa nyaman dalam belajar. (2) Terdapat peningkatan pemahaman peserta didik dengan menggunakan sterategi pembelajaran Guided Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII C SMP 3 Sinjai Timur ka. Sinjai ini terlihat dari hasil observasi dan di perkuat dengan hasil tes yang telah dilaksanaan pada siklus I. Menentukan kategori tes peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79% yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69% dan yang termaksud kurang baik ≤59. Jadi, dari hasil tes pemahaman peserta didik pada siklus I pada pree tes sebesar 1290, dengan nilai rata-rata 51,8%, dengan kategori kurang baik. Kemudian pada pelaksanaan post tes 1750 dengan mencapai pesentase 70% dengan kategori baik. Kemudian pada siklus II dengan pelaksanaan pree tes sebesar 1455 dengan rata-rata 58,2% dengan kategori Kurang baik dan pada pelaksanaan post tes sebesar 2025 dengan mencapai nilai rata-rata 81% dengan kategori sangat baik. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa besarnya peningkatan pemahaman peserta didik siklus I adalah 18,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,8%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:17
Last Modified: 05 Nov 2020 06:17
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item
View Item