PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MORAL REASONING PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII C DI SMP NEGERI 4 SINJAI TIMURKAB. SINJAI

SARIANTI, DEWI (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MORAL REASONING PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII C DI SMP NEGERI 4 SINJAI TIMURKAB. SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of DEWI SARIANTI.pdf] Text
DEWI SARIANTI.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode moral reasoning pada mata pembelajaran PAI di kelas VIII C SMP Negeri 4 Sinjai Timur dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, karena dengan metode moral reasoning guru dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak merasa bosan, sehingga peserta didik mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan tugas yang diberikan serta dapat membuat peserta didik lebih kreatif menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan terutama pada mata pelajaran PAI. Metode moral reasoning juga dapat dikatakan efektif karena sudah mencapai tujuan pembelajaran, menghemat waktu dan tenaga, mampu membangkitkan perhatian dan keaktifan peserta. 2) Metode moral reasoning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelalajaran PAI di Kelas VIII C SMP Negeri 4 Sinjai Timur, berdasarkan nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik pada siklus I yaitu 75,41, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik yaitu 90,58. Maka dapat disimpulkan bahwa mulai dari pra tindakan, siklus I ke siklus II prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI meningkat. Meningkatnya prestasi belajar peserta didik menunjukkan efektifnya metode moral reasoning.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:21
Last Modified: 05 Nov 2020 06:21
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item