EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 190 CENNING

FADILLAH, LUSIANA (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 190 CENNING. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design tipe one group prettest posttest design. Penelitian ini melibatkan peserta didik di kelas V SDN 190 Cenning sebagai subjek serta penulis sebagai pelaku dan pengamat sekaligus. Data hasil penelitian diperoleh melalui lembar angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran di luar kelas yang telah dilakukan serta lembar observasi untuk menilai sikap percaya diri peserta didik.
Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data telah berdistribusi normal atau tidak. Adapun jenis uji normalitas yang digunakan adalah uji normalitas tipe Shapiro-Wilk. Penggunaan uji normalitas ini dilakukan karena jumlah sampel < 50. Karena nilai sig yang didapatkan sebelum perlakuan sebesar 0,067 dan setelah perlakuan sebesar 0,070 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Setelah data memenuhi syarat maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di luar kelas efektif dalam pembentukan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 190 Cenning. Dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Product Service Solutions) versi 20 melalui uji paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dalam artian bahwa pembelajaran di luar kelas efektif dalam pembentukan sikap percaya diri peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 190 Cenning. Adapun kategorisasi sikap percaya diri peserta didik sebelum perlakuan didapatkan bahwa sebanyak 11 orang berkategori rendah dan 1 orang berkategori sedang. Akan tetapi, setelah perlakuan terjadi perubahan yang cukup signifikan yakni sebanyak 11 orang berkategori tinggi dan 1 orang berkategori sedang.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Oct 2020 04:52
Last Modified: 16 Oct 2020 04:52
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item
View Item