EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MUHAMMADIYAH TENGNGA LEMBANG KEC. SINJAI BARAT KAB. SINJAI

HALMA, HALMA (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MUHAMMADIYAH TENGNGA LEMBANG KEC. SINJAI BARAT KAB. SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of HALMA.pdf] Text
HALMA.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan bahwa: (1) Penerapan model Time Token pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik agar peserta didik aktif dalam kelas saat proses pembelajaran. (2) Terdapat peningkatan keterampilan sosial peserta didik model Time Token pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kec. Sinjai Barat Kab. Sinjai ini terlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket yang telah diisi pada siklus I dan siklus II. Menentukan kategori angket peserta didik yang masuk sangat baik dengan presentase 80% - 100%, yang masuk kategori baik dengan presentase 70% - 79%, yang masuk kategori cukup dengan presentase 60% - 69%, dan yang termasuk kurang ≤ 59%. Dari hasil angket keterampilan peserta didik pada siklus I sebesar 716 dan mencapai persentase 59,7% dan siklus II sebesar 922 dan mencapai persentase 76,8%. Berarti peningkatan keaktifan dari siklus I kesiklus II sebesar 17,1%.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 06 Nov 2020 06:38
Last Modified: 06 Nov 2020 06:38
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item
View Item