Implementasi Supervisi Klinis Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Agama di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Labuaja

NURLIANA, NURLIANA (2019) Implementasi Supervisi Klinis Dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Agama di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Labuaja. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of NURLIANA TESIS.pdf] Text
NURLIANA TESIS.pdf

Download (890kB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan implementasi supervisi klinis sudah cukup baik, terbukti tindakan riil yang dilakukan pengawas secara sistematis dan terprogram, sudah melaksanakan siklus pendahuluan, observasi dan siklus balikan dengan baik; 2) hambatan yang dihadapi antara lain jumlah pengawas tidak seimbang dengan jumlah guru dan sekolah, asumsi guru, letak geografis, sarana prasarana, waktu, biaya, dan kebijakan pemerintah. Upaya tindak lanjut yang dilakukan pengawas dengan membangun pola hubungan kolega, menciptakan sistim kolaborasi dengan kepala sekolah dan guru, memperbaiki asumsi guru, penyusunan jadwal secara sistimatis, memanfaatkan sarana prasarana dengan baik (3) implementasi supervisi klinis benar-benar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Agama terlihat dari beberapa fakta perubahan pada guru semakin kreatif menyusun perencanaan dan pelaksanaan serta laporan mengajar berbasis ICT. Hasil pengujian hipotesis tersebut membenarkan bahwa ada pengaruh Implementasi Supervisi Klinis terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Agama pada tabel 4.11 uji hipotesis dengan Coefficientsa, dapat dinilai 0,000 < 0,05, ini menandakan bahwa H1 diterima dan Hₒ ditolak artinya koefisien pengaruh.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:26
Last Modified: 26 Nov 2020 07:26
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item