PERBANDINGAN METODE BRAINSTORMING DAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-KHAERATBARAMBANG

AMIRUDDIN, AMIRUDDIN (2020) PERBANDINGAN METODE BRAINSTORMING DAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-KHAERATBARAMBANG. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Pak Amir.pdf] Text
Pak Amir.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran metode brainstorming dan metode inquiri dalam meningkatkan hasil belajar fiqih peserta didik dan untuk mengetahui perbandingan antara metode brainstorming dan metode inquiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa MTS Al-Khaerat Barambang. Penerapan metode pembelajaran brainstorming dan metode inquiri dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk memperoleh data di lapangan dilakukan dengan dua cara yaitu observasi yaitu dilakukan untuk mendapatkan data awal tentang aktivitas pembelajaran dengan penerapan konvensional yang umum dilakukan, dan untuk mengetahui apakah penerapan metode brainstorming dan inquiri sesuai yang diharapkan oleh peneliti. Sedangkan lembar tes yaitu carayang dilakukan untuk memperoleh data berupa responden siswa terhadap penerapan metode pembelajaran brainstorming dan inquiri. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih menggunakan metode brainstorming berdasarkan perbandingan antara hasil belajar Pre-test dan Post-test peserta didik yang telah dianalisis pada bab sebelumnya, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih menggunakan metode inquiri berdasarkan perbandingan antara hasil belajar Pre-test dan Post-test peserta didik yang telah dianalisis pada bab sebelumnya, terdapat perbedaan antara hasil belajar pada mata pelajaran fiqih peserta didik dengan menggunakan metode brainstorming dan metode inquiri berdasarkan hasil perbandingan post-test metode brainstorming dan post-test metode inquiri.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Nov 2020 12:22
Last Modified: 26 Nov 2020 12:22
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item
View Item