PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEBAT PADA MATA PELAAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTS AL-HIDAYAH BATU LAPPA KEC. SINJAI TENGAH KAB. SINJAI

ROSTINI, ROSTINI (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEBAT PADA MATA PELAAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTS AL-HIDAYAH BATU LAPPA KEC. SINJAI TENGAH KAB. SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRPSI ROSTINI.pdf] Text
SKRPSI ROSTINI.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan metode debat mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan penelitian padasiklus I dansiklus II. Padasiklus I terdapat 11 atau 52,38% peserta didik yang merespon pembelajaran dengan sangat baikdan 10 atau 47,61% peserta didik yang merespon pembelajaran dengan baik. Pada siklus 2 terdapat 16 atau 57,14% pesertadidik yang merespon pembelajaran dengan sangat baikdan 5 atau 42,85% peserta didik yang merespon pembelajaran dengan baik. (2) Metode debat dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam materi sejarah berdirinya dinasti Abbasyiyah, yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai peserta didik diatas rata-rata KKM dalam setiap siklus pembelajaran yaitu pada evaluasi tes semua peserta didik yang ada di kelas VIII tuntas hasil belajarnya.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:58
Last Modified: 10 Mar 2021 03:58
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item