PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 3 SINJAI

DEWIANUGRAH, DEWIANUGRAH (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS XI DI SMAN 3 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of DEWIANUGRAH.pdf] Text
DEWIANUGRAH.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Terhadap Kualitas Pembelajaran PAI Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sinjai. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Expo facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 180 orang siswa dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 124 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui koesioner (angket) dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS 20. Metode pada penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan lembar angket (koesioner) respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana yang berguna untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis TIK (Teknologi informasi dan komunikasi) terhadap kualitas pembelajaran PAI siswa kelas XI di SMAN 3 Sinjai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa dari 124 responden, Pada tabel coefficients diketahui thitung pembelajaran berbasis TIK lebih besar daripada ttabel (thitung 3,074 > ttabel 1,979). Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TIK secara signifikan berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran PAI Siswa kelas XI di SMAN 3 Sinjai. Sedangkan pada nilai probablitas 0,003 < 0,05, maka pembelajaran berbasis TIK memiliki pengaruh terhadap kualitas pembelajaran PAI Siswa kelas XI di SMAN 3 Sinjai. Untuk mengetahui besar pengaruh antara pembelajaran berbasis TIK dan kualitas pembelajaran PAI dapat dilihat pada tabel model summary dengan melihat R Square= 0,072 atau 7,2%. Jadi besar pengaruh pembelajaran berbasis TIK terhadap kualitas pembelajaran PAI siswa kelas XI di SMAN 3 Sinjai adalah 7,2% .
Dari kedua pengujian hipotesis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa antara pembelajaran berbasis TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Kualitas pembelajaran PAI terdapat pengaruh yang positif sedang dan signifikan.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 27 Mar 2021 06:28
Last Modified: 27 Mar 2021 06:28
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item