PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KENAKALAN PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 1 SINJAI

LISMAWATI, LISMAWATI (2020) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KENAKALAN PESERTA DIDIK DI UPTD SMPN 1 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of LISMAWATI.pdf] Text
LISMAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Kenakalan peserta didik di
UPTD SMPN 1 Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 134 orang siswa dan yang
menjadi sampel penelitian berjumlah 100 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui koesioner (angket) dan
dokumen. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS 20.Metode pada
penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Instrumenyang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan lembar angket (kuesioner) respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana yang
berguna untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Kenakalan peserta didik di UPTD SMPN 1 Sinjai.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa dari 100responden, Pada tabel coefficients diketahui thitungbimbingan
konseling lebih besar daripada ttabel (thitung 2,982> ttabel 1,984). Jadi, Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling secara signifikan berpengaruh terhadap kenakalan pesertadidikdi UPTD SMPN 1Sinjai.
Sedangkan pada nilai probablitas 0,000< 0,05, maka bimbingan konseling memiliki pengaruh terhadap kenakalan
peserta didik di UPTD SMPN 1Sinjai. Untuk mengetahui besar pengaruh antara bimbingan konseling dan kenakalan peserta
didik dapat dilihat pada tabel model summary dengan melihat R Square= 0,083 atau 0,83%. Jadi besar pengaruh bimbingan
konseling terhadap kenakalan peserta didik di UPTD SMPN 1 Sinjai adalah 0,83% .viDari kedua pengujian hipotesis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa antara pengaruh bimbingan konseling dan kenakalan peserta didik terdapat pengaruh yang signifikan.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 27 Mar 2021 07:09
Last Modified: 27 Mar 2021 07:09
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item
View Item