PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 1 BALANGNIPA

RISKA, RISKA (2020) PENGARUH KETERAMPILAN MENYIMAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 1 BALANGNIPA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA.pdf] Text
SKRIPSI RISKA.pdf

Download (931kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Keterampilan Menyimak Terhadap Hasil Belajar Peserta DidikDi Kelas V SDN 1 Balangnipa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 42 orang dan adapun yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 42 orang. Data yang diambil dengan menggunakan angket dan dokumen. Pengolahan data memakai teknik analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikan 0,05 dengan menggunakan
SPSS .Penelitian ini menunjukkan bahwa: Keterampilan menyimak memiliki pengaruh positif yang sangat kuat dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 1 Balangnipa. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan SPSS , Pada tabel coefficients diketahui thitungketerampilan menyimak 2,089 > 2,021 ttabel dan nilai probablitas 0,043 < 0,05 dan pada tabel model summary dengan melihat R Square=0,098 atau 9,8%. Jadi besar pengaruh keterampilan menyimak terhadap hasil belajar peserta didik Di Kelas V SDN 1 Balangnipa adalah 9,8%. Maka Uji Hipotesis Terdapat pengaruh keterampilan menyimak terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 1 Balangnipa. (1)Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana yang telah dilakukan melalui program SPSS 24, diperoleh hasil bahwa dari 42 responden yang ada di kelas V SDN 1 Balangnipa. Pada tabel coefficients diketahui thitung Keterampilan Menyimak 2,089 > 2,021 ttabel jadi H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Keterampilan Menyimak secara signifikan v berpengaruh terhadap Hasil Belajar Peserta didik di kelas V SDN Balangnipa . Sedangkan pada nilai probablitas0,043<0,05, maka Keterampilan Menyimak memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di kelas V SDN 1 Balangnipa Sinjai. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh antara Keterampilan Menyimak terhadap Hasil Belajar dapat dilihat pada tabel model summary dengan melihat R Square= 0,098 atau 9,8% jadi besar pengaruh Keterampilan Menyimak terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di kelas V SDN 1 Balangnipa adalah 9,8% dengan kata lain terdapat aspek-aspek selebihnya yang memiliki pengaruh terhadap Hasil Belajar di kelas v SDN 1 Balangnipa

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 23 Jun 2021 06:47
Last Modified: 23 Jun 2021 06:47
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item
View Item