PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI UPTD SMP NEGERI 20 SINJAI

APRIANI, RINI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI UPTD SMP NEGERI 20 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI RINI APRIANI.pdf] Text
SKRIPSI RINI APRIANI.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil analisis dimana pada tabel Coefficients diketahui nilai konstanta regresi yaitu 7,213 (a = 7,213) dan nilai koefisien regresi yaitu 0,839 (b = 0,839). Dan pada tabel Coefficients diketahui pula thitung pembelajaran Active Learning lebih besar dari pada ttabel (thitung 8,754 ≥ ttabel 1,997)sedangkan pada nilai Probabilitas 0,000 ≤ 0,05. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian pada tabel Model Summary dengan v melihat R Square = 0,541 atau 54,1%. Maka besar pengaruh pembelajaran Active Learning terhadap motivasi belajar mata pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 20 Sinjai adalah sebesar 54,1%, artinya pengaruh yang berkategori cukup. Sisanya dipengaruhi oleh aspek-aspek lain diluar dari penelitian yang digunakan peneliti. Berdasarkan hasil analisis data ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan pembelajaran Active Learning memiliki pengaruh positif yang sangat kuat dan signifikan terhadap motivasi belajar mata pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 20 Sinjai, terbuktik
kebenarannya atau dapat diterima.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 29 Dec 2021 10:54
Last Modified: 29 Dec 2021 10:54
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item