ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 SINJAI

NURLILI, NURLILI (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI  LILI.pdf] Text
SKRIPSI LILI.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Dari hasil penelitian diperoleh deskripsi pemahaman konsep dasar matematika sebagai berikut:1) Analisis Pemahaman konsep dasar matematika ditinjau dari gaya belajar visual memiliki kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan gaya belajar auditorial dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mampu menguasai seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yaitu memenuhi indikator menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, menerapkan konsep secara algoritma, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal.2) Analisis Pemahaman konsep dasar matematika ditinjau dari gaya belajar Auditorial hanya mampu menguasai 4 indikator dari 6 indikator pemahaman konsep. Indikator tersebut yaitu menerapkan konsep secara algoritma, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep vi yang dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Sehingga gaya belajar tersebut lebih mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menyerap informasi dibanding menyelesaikan masalah dengan cara tertulis.3) Analisis Pemahaman konsep dasar matematika ditinjau dari gaya belajar Kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah dibandingkan dengan gaya belajar visual dan auditorial. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai 3 indikator dari 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Indikator tersebut antara lain: menyatakan ulang sebuah konsep, memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang dipelajari, dan menyajikan konsep dalam berbagai representasi.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: asriani
Date Deposited: 09 Jun 2022 01:02
Last Modified: 09 Jun 2022 01:02
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item
View Item