PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 163 LEMPANGAN

SARINA, SARINA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 163 LEMPANGAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SARINA_PGMI (018).pdf] Text
SARINA_PGMI (018).pdf

Download (4MB)

Abstrak

Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, diperoleh nilai koefisien 0,839 nilai Thitung 3,147 ˃ Ttabel 2,16 maka dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh positif lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 31,47% dan sisanya 68,53% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan nilai Sig. 0,008 ˂ 0,05. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, diperoleh nilai koefisien 0,773 nilai Thitung 1,075 ˂ Ttabel 2,16 maka dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 10,75% dan sisanya 89,25% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan nilai Sig. 0,302 ˃ 0,05. (3) Lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 163 Lempangan, nilai Fhitung ˃ Ftabel , yaitu 37,322 ˃ 3,81 dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh lingkungan tempat tinggal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebeasar 37,32% dan sisanya sebesar 62,68% dipengaruhi oleh faktor lain, dan taraf nilai Sig. 0,000 ˂ 0,05.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 12 Dec 2022 10:18
Last Modified: 12 Dec 2022 10:18
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item
View Item