PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN 163 LEMPANGAN

RISKA, RISKA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SDN 163 LEMPANGAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA.pdf] Text
SKRIPSI RISKA.pdf

Download (3MB)

Abstrak

penelitian ini
menggunakan skala likert.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa melalui uji validitas diketahui bahwa instrumen angket yang
terdiri atas 17 item pada angket pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap motivasi
belajar peserta didik dinyatakan valid. Kemudian uji reliabilitas pada
penelitian ini menggunakan alpha cronbach moment dengan bantuan
SPSS 21 for windows. Berdasarkan tabel reliabilty statistics , maka
dapat disimpulkan bahwa instrumen angket pada angket penelitian
dinyatakan reliable karena nilai cronbach alpha 0,962 ˃ 0,70.
Penelitian ini berdistribusi normal, berdasarkan tabel Tes of
normality diperoleh nilai untuk pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap peningkatan
motivasi belajar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) = 0,052 dan
0,055 ini lebih besar dari pada 0,05. Penelitian ini juga memiliki
hubungan linear secara signifikansi antara model pembelajaran
kooperatif tipe bamboo dancing dengan motivasi belajar, dapat
dilihat dari nilai signifikan deviation from linearity yaitu 0,051 ˃
0,05. Berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05 dan sedangkan nilai thitung (13,020) > ttabel (1,78229)
sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing
berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik
kelas VI di SDN 163 Lempangan.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Dec 2022 10:09
Last Modified: 16 Dec 2022 10:09
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item