PERAN PENDIDIKAN HUMANISME PAULO FREIRE DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS PESERTA DIDIK DI SD MUHAMADIYAH BALANGNIPA

AGUSMAN, MUH (2021) PERAN PENDIDIKAN HUMANISME PAULO FREIRE DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS PESERTA DIDIK DI SD MUHAMADIYAH BALANGNIPA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Muh. Agusman-160104934.pdf] Text
Muh. Agusman-160104934.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembentukan moralitas di SD Muhammadiyah
Balangnipa dilakukan dengan beberapa cara untuk ditempuh demi
mencapai pembentukan moral peserta didik. Melalui beberapa
kegiatan dalam memberikan pemahaman tentang nilai-nilai moralitas
yag bernuansa Humanis, lebih di tekankan pada pengaktualisasian
pada wilayah keteladanan, kedisiplinan, rasa tanggungjawab, rasa
ingin tahu dan memberikan secara demokrasi demi mencapai makna
moral sesuai konsep kemanusiaan yag sebenarnya. Indikator
keberhasilan pembentukan moralitas dari gejala atau fakta hasil
observasi dalam bentuk keteladanan, pembiasaan serta penguatan
moral juga melibatkan wali peserta didik agar menjadi kunci
keberhasilan pembentukan moralitas peserta didik.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Dec 2022 12:23
Last Modified: 16 Dec 2022 12:23
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item
View Item