PERAN GURU DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPERS 12/79 BANA KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE

AGUNG, AGUNG (2019) PERAN GURU DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV SD INPERS 12/79 BANA KECAMATAN BONTOCANI KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Agung.pdf] Text
Agung.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya bullying di Sekolah Dasar Inpres 12/79 Bana dengan hasil sebagai berikut: (1) kurangnya pengetahuan guru mengenai
bullying, serta pendapat guru yang mengatakan kenakalan di sekolahnya masih wajar, (2) reaksi yang di tunjukkan korban adalah diam, takut, atau menangis; pelaku menunjukkan perilaku acuh dan senang; sedangkan penonton menunjukkan
reaksi, melawan pelaku, membela korban atau diam; (3) bentuk bullying yang terjadi adalah bentuk fisik (memukul dengan gagang sapu, memukul dengan tangan, mendorong) dan non fisik (verbal: mengancam, memaksa, menyoraki, meledek; non
verbal langsung: membentak, memarahi, memerintah, menunjuk-nunjuk dengan jari; non verbal tidak langsung: pengucilan); (4) Peran guru kelas terhadap bullying di sekolah pada siswa kelas IV di SD Inpres 12/79 Bana yaitu sebagai orang yang pendidik dan membimbing atau memberi nasehat dan mengarahkan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi mengenai bullying
dan agar dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekolah, sehingga perilaku siswa menjadi lebih baik.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:32
Last Modified: 17 Dec 2022 01:32
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item