PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM DARUL ABRAR BONE)

RIDWAN, RIDWAN (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN MODERN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM DARUL ABRAR BONE). Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Ridwan Tesis 200112013.pdf] Text
Ridwan Tesis 200112013.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Pengembangangan kurikulum di Pesantren Pendidikan Islam
Darul Abrar Bone terdiri dari kurikulum Pendidikan formal
yang proses pengembangannya mengikuti kementrian yang
menaunginya. sedangkan proses pengembangan kurikulum
kepesantren Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar Bone
tidak terstruktur dengan baik, sehingga hasil dari
pengembangan kurikulum yang dilakukan, menghasilkan mutu
yang tidak merata; 2) Mutu Pendidikan di Pesantren Pendidikan
vi
Islam Darul Abrar Bone kurang, baik dari segi tenaga pendidik
maupun hasil belajar santri, Kerena pengembangan kurikulum
yang dilakukan oleh pesantren Pesantren Pendidikan Islam
Darul Abrar Bone tidak terstruktur dengan baik.; 3) Faktor
Pendukung dan penghambat pengembangan kurikulum
Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar Bone: Faktor
Pendukung: Pertama: Pesantren sumber dana yang memadai,
Kedua: Pesantren memiliki kemampuan dalam
mengembangkan program tahunan dan semester,
mengembangkan silabus, serta dapat menghadirkan lingkunagn
yang kodusif. faktor peghambat: Pertama: Tidak adanya tenaga
ahli dalam pengembangn kurikulum, Kedua: Kurangnya tenaga
pendidik yang berkompeten pada bidang yang diampu dan
Ketiga: kurangnya manajemen Pesantren Pendidikan Islam
Darul Abrar dalam mengembangkan kurikulum.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 24 Dec 2022 03:16
Last Modified: 24 Dec 2022 03:30
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item
View Item