IMPLEMENTASI KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 184 TAHUN 2019 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL ISTIQAMAH BONGKI RINJANI KABUPATEN SINJAI

MAHRISAL, A (2022) IMPLEMENTASI KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 184 TAHUN 2019 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PADA MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL ISTIQAMAH BONGKI RINJANI KABUPATEN SINJAI. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of TESIS A. MAHRISAL.pdf] Text
TESIS A. MAHRISAL.pdf

Download (3MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Darul
Istiqamah Bongki Rinjani walaupun sebagai madrasah swasta
dengan sarana prasarana yang memadai di bawah Yayasan
Pendidikan Da‟wah Islamiyah Pondok Pesantren Darul
Istiqamah Bongki berusaha mewujudkan mutu pendidikan.
Penerapan dari KMA 184 Tahun 2019 yang merupakan
regulasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia
merupakan angin segar bagi madrasah untuk mengembangkan
kekhasannya sendiri. Dengan kekhasan atau karakteristik
v
madrasah tersebut dapat menjadi titik tolak atau nilai yang
mampu menjadikan sebuah madrasah mewujudkan mutu
pendidikan walaupun dengan keterbatasan sarana prasarana dan
sumber dana yang terbatas. Strategi penerapan KMA 184
Tahun 2019 diterapkan dalam struktur kurikulum MA Darul
Istiqamah Bongki yang saat ini berjalan disesuaikan dengan
jurusan yang dibuka IPA dan Keagamaan. Upaya yang
senantiasa dilakukan oleh MA Darul Istiqamah Bongki Rinjani
adalah menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait
dengan Guru dan tenaga kependidikan yang memiliki
Kompetensi serta up to date dengan materi pembelajaran
melalui kegiatan PJJ, MGMP, K2M selain itu penerimaan
peserta didik yang melalui tahap seleksi, dan kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan cukup mampu memberikan
wawasan dan peningkatan kompetensi bagi peserta didik.
Sebagai Madrasah di bawah naungan Yayasan Pendidikan
Da‟wah Islamiyah Sinjai Pondok Pesantren Putri Darul
Istiqamah Bongki yang peserta didiknya merupakan santri yang
diasramakan memberikan peluang bagi madrasah untuk
mengembangkan kekhasannya sendiri melalui rangkaian
kegiatan yang terjadwal dan struktur serta penanaman nilai
akhlak yang islami dalam berbagai kegiatan penguasaan Bahasa
Arab dan Inggris, serta kurikulum yang mengarah pada
kecakapan hidup (life skill)

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 24 Dec 2022 03:41
Last Modified: 24 Dec 2022 03:41
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item
View Item