EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DAULAH UMAYYAH DALAM MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs NEGERI 4 SINJAI

NURFAH, NURFAH (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DAULAH UMAYYAH DALAM MATA PELAJARAN SKI KELAS VII DI MTs NEGERI 4 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI NURFA.pdf] Text
SKRIPSI NURFA.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Hasil penelitian dari kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Daulah Umayyah dalam mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Negeri 4 Sinjai. Kriteria kefektifannya, adalah : (1) Rata-rata nilai aktivitas peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran metode mind mapping sebesar 77,56 %, dibandingkan dengan kelas kontrol metode konvensional sebesar 71,58 %. (2) Rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi Daulah Umayyah dalam mata pelajaran SKI setelah diterapkan metode mind mapping sebesar 90,00 berada pada kategori sangat tinggi, dibandingkan dengan kelas kontrol setelah diterapkan metode konvensional sebesar 79,2. (3) Rata-rata kefektifan penggunaan metode mind mapping pada materi Daulah Umayyah dalam mata pelajaran SKI kelas eksperimen sebesar 38,9, lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol sebesar 28,2.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 31 Dec 2022 05:58
Last Modified: 31 Dec 2022 05:58
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item
View Item