PENINGKATAN NILAI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI IPS 2 DI BSMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI

JAMALUDDIN, JAMALUDDIN and JUDRAH, MUH and HALMILAWATI, HARMILAWATI and QADRIANTI, LAELI (2019) PENINGKATAN NILAI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI IPS 2 DI BSMA NEGERI 9 KABUPATEN SINJAI. JORNAL AL-QALAM, 11 (2). ISSN 1858-4152

[thumbnail of Al-Qalam.pdf] Text
Al-Qalam.pdf

Download (686kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kemandirian peserta didik dengan
menggunakan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan peserta didik kelas XI IPS 2
SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai sebagai subjek. Data penelitian diperoleh melalui observasi
dan angket dengan menggunakan instrumen lembar observasi peserta didik dan lembar
angket/respon peserta didik terhadap tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Penggunaan model pembelajaran Advance Organizer pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kabupaten Sinjai, dapat meningkatkan
nilai kemandirian peserta didik. Ini dapat diukur berdasarkan hasil observasi dan lembar
angket yang diisi pada siklus I dan siklus II, dimana pada siklus I hasil observasi
peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 49,56%, kemudian pada siklus II
observasi peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 86,31%. Jadi kemampuan
peningkatan nilai kemandirian peserta didik berdasarkan hasil observasi dari siklus I ke
siklus II meningkat sebanyak 36,75%. Adapun hasil lembar angket yang diisi oleh masingmasing peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 68,50%, kemudian pada siklus II hasil
lembar angket peserta didik mencapai rata-rata 84,42%. Jadi kemampuan peningkatan nilai
kemandirian peserta didik berdasarkan hasil angket dari siklus I ke siklus II meningkat
sebanyak 15,92%. Adanya peningkatan nilai kemandirian peserta didik menunjukkan
efektifnya model pembelajaran Advance Organizer digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: asriani
Date Deposited: 30 Oct 2020 07:57
Last Modified: 30 Oct 2020 07:57
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item