PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SDN 04 BALANGNIPA

FAHRANI, FIRA (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SDN 04 BALANGNIPA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode eksperimen terjadi peningkatan motivasi belajar. Yaitu dari hasil pra tindakan terjadi peningkatan, dari 55,49%, meningkat menjadi 71,11% pada siklus I. Pada siklus II dengan perbaikan tindakan berupa kegiatan pembelajaran dengan cara peserts didik dibagi beberapa kelompok secata heterogen, peserta didik melakukan eksperimen sesuai dengan materi pelajaran, peserta didik bekerja sama, peserta didik mengumpulkan hasil eksperimen dan membuat kesimpulan dengan bimbingan dan pengawasan guru dari awal sampai akhir kegiatan eksperimen, terjadi peningkatan dari 71,11% meningkat menjadi 83,80%. Penggunaan metode eksperimen pada siklus II presentase keberhasilannya sudah mencapai >75% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen berhasil. Meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada matapelajaran bahasa Indonesia.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: asriani
Date Deposited: 16 Oct 2020 04:11
Last Modified: 16 Oct 2020 04:11
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item