NURLINDA, NURLINDA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPROGRAMA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQHI KELAS VIII A MTs AL-AZHAR MANNANTI KEC. TELLULIMPOE KAB. SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
![[thumbnail of NURLINDA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
NURLINDA.pdf
Download (3MB)
Abstrak
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran berprograma dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqhi kelas VIII A MTs Al-Azhar Mannanti Kec. Tellulimpoe Kab. Sinjai, yang dilakukan pada dua siklus, yaitu siklus I dan II, siklus I, dua kali pertemuan dan siklus II, dua kali pertemuan, untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran berprograma ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran. 2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqhi melalui penerapan model pembelajaran berprograma, berdasarkan nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik pada siklus I yaitu 70,22, dan pada siklus II nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik yaitu 88,86. Jadi pemahaman peserta didik berdasarkan hasil tes evaluasi dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 18,64. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berprograma efektif dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dikelas VIII A MTs Al-Azhar Mannanti Kec. Tellulimpoe Kab. Sinjai.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 06:11 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 06:11 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/187 |