WAHYUDI, WAHYUDI (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI STRATEGI CARD SORT DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 9 SINJAI KAB. SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
![[thumbnail of WAHYUDI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
WAHYUDI.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Penelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Penerapan strategi Card Sortpada mata pelajaran Pendidikana Agama Islam di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Sinjai dilakukan 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dengan melakukan rencana pelaksanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan evaluasi yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar peserta didik dapat termotivasi dalam pembelajaran dengan baik. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui strategi Card Sortpada mata pelajaran Pendidikana Agama Islam di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Sinjaiiniterlihat dari hasil observasi dan diperkuat dengan hasil angket pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil observasi peningkatan motivasi peserta didik yaitu 75,28 %, kemudian pada siklus II observasi peningkatan nilai kemandirian peserta didik yaitu 80,68%. Jadi kemampuan peningkatan nilai kemandirian peserta didik berdasarkan hasil observasi dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 5, 4 %. Dari hasil angket motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 964 dan mencapai persentase 78, 22 % dan siklus II sebesar 1004 dan mencapai persentase 81,49 %. Berarti peningkatan motivasi dari siklus I kesiklus II sebesar 3, 27 %. Adanya peningkatan nilai kemandirian peserta didik menunjukkan efektifnya strategi pembelajaran Card Sortdigunakanpada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 06:38 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 06:38 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/191 |