ISNAWATI, ISNAWATI (2019) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKTKAN KARAKTER KEDISPLINAN DAN KEJUJURAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NO 199 KARAMPUANG KECAMATAN BULUPODDO. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
![[thumbnail of ISNAWATI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ISNAWATI.pdf
Download (921kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektifitas metode pembelajaran inquiri dalam meningktkan karakter kesisplinan dan kejujuran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Dasar No 199 Karampuang Kecamatan Bulupoddo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana efektifitas metode pembelajaran inquiri dalam meningktkan karakter kedisiplinan dan kejujuran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Dasar No 199 Karampuang Kecamatan Bulupoddo. Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan survei untuk penjelasan. Pendekatan survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukuran data yang pokok. Adapaun hasil dari penelitian ini disimpulkan pertama bahwa metode pembelajaran inquiri efektif dalam meningktkan karakter kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh dimana df = 40-2 = 38, pada taraf kesalahan 5% (0.374). dan 1% (0.478), sedangkan untuk r hitung adalah 0,601 dimana r hitung lebih besar dari r tabel (rh > rt ) maka Ha diterima, dengan demikian hasil dari 0,601 itu signifikan baik pada taraf 5% mauun 1%. Kedua metode pembelajaran inquiri efektif dalam meningktkan karakter kejujuran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut dibuktikan dari data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel baik pada pada taraf kesalahan 5% (0.374). dan 1% (0.478), sedangkan untuk r hitung adalah 0,567 signifikan baik pada taraf 5% mauun 1%. Ketiga metode pembelajaran inquiri efektif dalam meningktkan karakter kedisiplinan dan kejujuran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dimana nilai korelasi ganda (R) yang dihitung melalui uji F di atas adalah 3,252. Dalam hal ini hitung > F tabel atau 3,252 > 0,308 hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran inquiri dengan karakter kedisiplinan dan kejujuran peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Dasar No 199 Karampuang Kecamatan Bulupoddo.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Pascasarjana |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 06:35 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 06:35 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/239 |