PENGARUH METODE RESITASI DAN METODE JIQSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL-AQSHA MASSAILE

NIKMAWATI, NIKMAWATI (2019) PENGARUH METODE RESITASI DAN METODE JIQSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL-AQSHA MASSAILE. Tesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of Nikmawati.pdf] Text
Nikmawati.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Pengaruh Metode Resitasi dan Metode Jiqsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Al-Aqsha Massaile. Metode Resitasi diartikan sebagai suatu cara interaksi belajar mengajar yang ditandai dengan adanya tugas dari guru yang dikerjakan siswadi sekolah ataupun di rumah secara perorangan atau kelompok sedangkan Metode Jigsaw adalah teknik pembelajaran kooperatif dimana siswa bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk memperoleh data dilapangan dilakukan dengan dua cara yaitu dokumentasi yaitu dilakuan untuk mendapatkan arsip Sekolah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu nila rapor. Sedangkan angket yaitu cara yang dilakukan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap metode resitasi dan jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Adapun tehnik analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS 20. Langkah yang penulis lakukan adalah imput data kedalam exel lalu mengolahnya dengan program SPSS 20 dengan cara analyze- regression - linear dari hasil penelitian ini diperoleh Ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe, maka kesimpulan yang kita ambil adalah menerima Ha1 yaitu Ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe dan menolak H01 Tidak ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe sebesar 0,560 merupakan kategori hubungan Sedang. Ada pengaruh metode Jiqsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe maka kesimpulan yang kita ambil adalah menerima Ha2 yaitu Ada pengaruh metode Jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe dan menolak H02 Tidak ada pengaruh metode Jigsaw terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak Siswa MTs Al-Aqsha Massaile Kecamatan Tellulimpoe sebesar 0,509 kategori hubungan Sedang.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Pascasarjana
Depositing User: asriani
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:53
Last Modified: 26 Nov 2020 06:53
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item