PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI KELAS IX MTS. NURUL IRHAM LEMBANG LOHE

MUSDALIFA, MUSDALIFA (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIQHI DI KELAS IX MTS. NURUL IRHAM LEMBANG LOHE. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP MUSDALIFAH.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP MUSDALIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Jigsaw pada mata pembelajaran Fiqhi di kelas IX MTs Nurul Irham Lembang Lohe dapat meningkatkan kreatifitas peserta didik, karena dengan metode Jigsaw guru dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak merasa bosan, sehingga peserta didik mudah berkreasi dalam melaksanakan tugas yang diberikan serta dapat membuat peserta didik lebih kreatif dalam mendesain atau menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan terutama pada mata pelajaran fiqhi. Metode Jigsaw juga dapat dikatakan efektif karena sudah mencapai tujuan, menghemat waktu dan tenaga, mampu membangkitkan perhatian dan minat peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi. 2) Metode Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelalajaran Fiqhi di Kelas IX MTs. Nurul Irham Lembang Lohe, berdasarkan nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik pada siklus I yaitu 75,68, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil tes evaluasi peserta didik yaitu 89,77. Maka pemahaman peserta didik dari siklus I ke siklus II sangat meningkat. Meningkatnya prestasi belajar peserta didik menunjukkan efektifnya metode Jigsaw.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 18 Mar 2021 09:12
Last Modified: 18 Mar 2021 09:12
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item
View Item