ZULKIFLI, ZULKIFLI (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 132 BULU JAMPI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
zulkifli.pdf
Download (2MB)
Abstrak
Penelitian ini termasuk penelitian tidakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 132 Bulu Jampi dengan jumlah 23 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus. Berdasarkan hasil penelitian dan tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa : pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Dan Intelektual) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, khususnya mata pelajaran IPA materi sistem rangka manusia di kelas IV SDN 132 Bulu Jampi Sinjai Selatan. Hasil tindakan dapat diketahui telah terjadi peneningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA sistem rangka manusia. Peningkatan rata-rata yaitu pada kondisi awal (pra tindakan) 43%, pada siklus 1 menjadi 65% dan pada
siklus II menjadi 91%. Kata Kunci : Pemahaman, Peserta Didik dan Model Pembelajaran.
Tipe Dokumen: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas/Jurusan: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | asriani |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 06:14 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 06:14 |
URI: | http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/35 |