PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI IMAN KEPADA KITAB�KITAB ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 4 SINJAI

MAHARANI, NILA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI IMAN KEPADA KITAB�KITAB ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 4 SINJAI. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.

[thumbnail of NILA MAHARANI.pdf] Text
NILA MAHARANI.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
yang telah diuraikan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa; pertama implementasi metode snowball
throwing pada mata pelajaran PAI materi materi iman kepada kitab�kitab Allah Swt di kelas Kelas XI IPS 2 di SMAN 4 Sinjai dilakukan vi dengan berbagai prosedur yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, merancang pembentukan kelompok, membuat soal tes dan menyiapkan lem dengan do’a dan presensi, membagi kelompok diskusi, memberikan materi pada masing-masing ketua kelompok, diskusi kelas, pelaksanaan metode snowball throwing, pemberian apresiasi dan ditutup dengan do’a serta salam. Pada tahap observasi, peneliti meneliti kegiatan siswa untuk mengukur motivasi dan keaktifan belajar siswa. Hasil nilai siswa tiap siklus dan hasil observasi belajar siswa tersebut di refleksi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. Kedua, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Kelas XI IPS 2 di SMAN 4 Sinjai dalam mata pelajaran PAI materi pokok
iman kepada kitab-kitab Allah Swt dapat meningkat, hal ini dapat ditandai aktivitas dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran pada siklus I mengalami peningkatan. Pada prasiklus rata-rata nilai kelas 66,2 meningkat menjadi 74,6 pada siklus I, dan siklus II mencapai 82. Ketuntasan belajar klasikal prasiklus 40%, pada siklus I meningkat menjadi 96%, siklus II ketuntasan belajar klasikal meningkat 100%. Aktivitas belajar antar siswa siklus I mencapai 83%, dan pada siklus II meningkat menjadi 98,3%. Aktivitas belajar siswa dengan guru pada siklus I mencapai 93,3 % dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Maka dari data hasil belajar diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan motode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas XI IPS 2 di SMAN 4 Sinjai materi iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

Tipe Dokumen: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas/Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: asriani
Date Deposited: 27 Mar 2021 07:39
Last Modified: 27 Mar 2021 07:39
URI: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item